Amanat.id- Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ) Manajemen Pendidikan Islam (MPI) Universitas Islam Negeri (UIN) Walisongo mengadakan Seminar Digital Marketing di Gedung Teater IsDB Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan (FITK) Kampus 3, Jumat (14/04/2023).
Seminar tersebut mengusung tema “Digital Creative Millennials, dari Ide Menjadi Untung”.
Owner CV. Katalis Indonesia dan Consultant Business, Rambat Kristyanto hadir sebagai pembicara.
Rambat memaparkan lima pola yang dimiliki seorang pembeli.
“Orang beli polanya hanya lima, yaitu tidak tahu menjadi tahu, tahu menjadi suka, suka menjadi percaya, percaya lalu membeli. Kalau sudah beli maka menjadi loyal,” papar Rambat.
Ia berpendapat bahwa jual beli adalah komitmen seperti halnya pernikahan.
“Nikah itu komitmen sama seperti membeli barang. Kita percaya akan mendapatkan manfaat dari uang yang dikeluarkan,” tuturnya.
Rambat pun mengungkapkan satu rumus penting dalam berwirausaha.
“Value itu dikurangi harga komitmen dan didukung dengan mengomunikasikan lewat konten,”
“Ketika value-nya tinggi, tapi harga yang dikomitmenkan rendah dan dikomunikasikan terus menerus maka akan laris produknya.” tambahnya.
Ia menuturkan, esensi digital marketing terletak pada cara penjual dalam mengomunikasikan lima pola pembeli.
“Platform digital seperti Google AdSense, Instagram Marketing, dan Twitter Marketing hanyalah cara. Esensi digital marketing adalah bagaimana kamu bisa mengomunikasikan lima pola pembeli,” pungkasnya.
Reporter: Aissya Salsa
Editor: Revina